alah satu asset untuk meningkatkan pangsa pasar adalah merek. Dan loyalitas merek merupakan inti dari brand equity. Perusahaan-perusahaan besar seperti PT.SAMPOERNA TELEKOMUNIKASI INDONESIA rela menghabiskan banyak uang untuk membangun dan mengorbitkan merek. Tak pelak, persaingan antarmerek pun menjadi sangat sengit. Para pengelola dengan sekuat tenaga berjuang agar mereknya mendapatkan brand awarenes tertinggi dari konsumen.
Untuk menganalisis pasar, pemasar terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana perilaku konsumen di dalam pasar tersebut. Menurut Uway (Majalah Marketing, 2007: 10) perilaku konsumen Indonesia selalu menarik untuk dibicarakan. Tidak saja oleh para produsen, pemasar, dan pengamat bisnis. Di kalangan praktisi periklanan pun topik ini tidak pernah luput dari pembicaraan. Terlebih, bagaimana cara suatu produk diiklankan akan sangat mempengaruhi minat konsumen terhadap produk tersebut. Memang, iklan bukan satu-satunya faktor yang menjadi penentu suatu produk dibeli. Masih ada faktor-faktor lain (sosial-budaya, pendidikan dan tingkat religiusitas) yang juga menjadi penyebab orang tertarik membeli. Namun, tak disangkal bahwa peran iklan masih lebih dominan dibandingkan unsur lainnya. Karena perilaku konsumen Indonesia begitu beragam, maka perlu ada analisis mendalam sebelum suatu iklan dibuat supaya iklan itu mengena di kelompok segmen yang dibidiknya.
Terdapat 10 karakter unik konsumen Indonesia, yaitu berpikir jangka pendek, tidak terencana, suka berkumpul, gagap teknologi, berorientasi pada konteks, suka merek luar negeri, religius, gengsi, kuat di subkultur, dan kurang peduli lingkungan. (Majalah Marketing, 2007)
Makanya Perusahaan lebih banyak menggunakan jasa para SPG sales promotion girl. Yang sampai sekarang masih di pakai oleh sebagian perusahaan di indonesia.
Seberapa pentingkah mereka??
Dari hasil survai hampir 80 % konsumen di indonesia lebih tertarik membeli product dari penawaran seorang SPG ketimbang membeli sendiri di counter2 yang di sediakan .
begitu pula di STI .Ceria adalah product Telekomunikasi yang di tawarkan ke pelanggan langsung sangat sangat membutuhkan mereka para SPG. makanya jangan lupakan mereka:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar